Minggu, 27 Juli 2008

Lika Liku Belajar Pemrograman

Tidak mudah untuk belajar pemrograman. Paling tidak, kita membutuhkan sebuah komputer. Itu saja belum cukup. Kita harus membekali diri dengan logika berpikir yang handal alias tidak lemot. Pertanyaannya adalah : apakah kita hanya bisa pasrah saja? Jawabannya : Tidak!

Apa pun yang kita kerjakan haruslah bermanfaat. Jika kita belajar pemrograman hanya sekedar ingin tahu atau untuk mengerjakan tugas kuliah, tidaklah menjadi masalah apakah logika kita tidak cukup kuat dan lain sebagainya. Paling tidak ada satu hal utama yang telah kita lakukan : Belajar.

Lain ceritanya jika anda memiliki kemampuan pemrograman yang sangat menakjubkan sehingga anda dapat bekerja sebagai konsultan TI atau programmer yang handal, bergaji besar, dan bisa menikmati segala kenyamanan dari hasil jerih payah tersebut. Namun, apa manfaatnya?

Di luar negeri, banyak situs atau pun blog yang berisi aneka tutorial untuk belajar pemrograman. Manfaatnya jelas, banyak programmer yang handal menciptakan berbagai software yang berguna baik komersil maupun gratis.

Di Indonesia? Entahlah, meski gaji programmer masih di bawah rata-rata namun kesadaran untuk menciptakan software yang bermanfaat seperti di luar negeri masih terbatas dilakukan oleh sejumlah software house saja.

Jadi, saran saya adalah ciptakan software untuk diri anda sesuai kebutuhan. Dengan demikian, manfaatnya bisa dirasakan jadi tidak terkesan hanya untuk mendapatkan keuntungan sesaat saja. Siapa pun anda, tidak masalah logikanya kuat atau tidak, mulailah sedikit demi sedikit belajar pemrograman. Tentunya, mulai dengan NetBeans 6.0!!!

Tidak ada komentar: